Ini 4 Alasan Kenapa Banyak Kontraktor Mulai Menggunakan Genteng Pasir

Beberapa kontraktor memilih menggunakan genteng metal pasir ketimbang genteng jenis lain. Umumnya, mereka menggunakan genteng tersebut di area dengan cuaca yang ekstrem atau bising. 

Nah, sebenarnya apa keunggulan genteng jenis ini dibandingkan dengan genteng jenis lainnya? Simak penjelasannya di bawah ini. 

Lebih Tahan Terhadap Cuaca Ekstrem 

Banyak kontraktor memilih menggunakan genteng metal pasir karena produk ini lebih tahan terhadap cuaca ekstrim. Permukaan genteng ini tidak mudah retak ataupun pecah walaupun disengat cahaya yang terik ataupun diterpa hujan deras. 

Hal ini karena permukaan genteng metal pasir dilapisi dengan galvalum dan aluminum. Dengan begitu, rumah Anda tidak gampang bocor saat hujan dan tidak terlalu panas saat musim kemarau atau panas. 

Lebih Tahan Terhadap Api 

Selain tidak mudah bocor dan retak, genteng pasir juga terkenal tidak mudah terbakar. Pasalnya, material produk ini tidak menghantarkan api. Selain itu, material yang terkandung juga tidak mudah terbakar. 

Jika terjadi kebakaran, maka api tidak akan cepat merambat seperti saat sebuah bangunan menggunakan genteng tanah liat. Dengan begitu, api bisa cepat dipadamkan dan kerusakan bisa diminimalisir. 

Membantu Meredam Suara

Kelebihan lain dari produk genteng metal pasir adalah kemampuannya untuk melindungi listrik pada bangunan dari sambaran petir kecil. Dengan begitu, listrik akan tetap aman dan tidak terjadi kerusakan fatal saat petir menyambar. 

Selain itu, suara petir yang menggelegar dan air hujan yang jatuh ke material bangunan juga bisa diredam dengan penggunaan genteng jenis ini. Anda pun bisa tetap nyaman berada di rumah walaupun hujan lebat disertai petir.  

Menjaga Suhu dalam Ruangan Tetap Sejuk 

Genteng jenis ini sangat cocok untuk Anda yang tinggal di daerah yang sangat panas. Pasalnya, genteng ini akan meredam sinar matahari yang terik sekalipun. Alhasil, kondisi dalam rumah tidak akan terasa panas. 

Hal ini karena genteng ini mengandung bahan baja galvalum. Bahan ini diklaim bisa memantulkan sinar matahari terik hingga 70 persen. 

Nah, tidak mengherankan kalau banyak kontraktor yang mulai mempertimbangkan menggunakan genteng pasir untuk proyek konstruksi mereka. Tentunya, atap bangunan tidak hanya kokoh dan estetis tapi juga membantu memberikan kenyamanan di dalamnya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top