Mengenal Tipe-tipe Ice Machine Untuk Bisnis

Ice machine atau mesin pembuat es adalah salah satu teknologi yang digunakan untuk membuat es batu secara otomatis. Alat ini memang sangat cocok digunakan untuk usaha kuliner, seperti misalnya cafe, rumah makan, restoran, dan tempat usaha kuliner lainnya. 

Terdapat beberapa jenis ice machine berdasarkan bentuk es yang akan dihasilkan. Berikut ini kita akan membahas secara detail mengenai tipe-tipe ice machine yang dapat Anda gunakan di usaha kuliner.

Tipe-tipe Ice Machine

Berikut ini adalah beberapa tipe ice machine yang dapat membuat es batu secara otomatis dengan bentuk yang berbeda-beda.

  1. Block Ice Machine

Di dalam proses pembuatan es batu dikenal ada dua proses, yakni brine system dan juga direct system. Brine system disini merupakan proses pembuatan es batu dengan cara menggunakan air garam dalam metode pendinginannya.

Nantinya, es yang akan dihasilkan dengan brine system ini memang tidak bersih atau higienis dan tidak bisa dikonsumsi oleh manusia. Sebab, produksi es jenis ini bersifat terbuka. Untuk jenis mesin ini biasanya membutuhkan beberapa komponen, mulai dari kompresor, kondensor, receiver, evaporator, dan masih banyak lagi. 

Sementara untuk es yang dihasilkan dengan menggunakan direct system atau dengan sistem refrigerant untuk proses pendinginannya. Maka es yang dihasilkan juga akan layak untuk dikonsumsi. Mesin yang satu ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan freezer.

Adapun kelebihan dari mesin es dengan sistem direct ini tergolong lebih unggul daripada jenis mesin brine. Sebab, Anda tidak membutuhkan banyak tenaga manusia untuk bisa mengoperasikannya, karena memang semuanya telah bekerja secara otomatis.

  1. Tube Ice Machine

Sesuai dengan nama mesinnya, ice machine ini dapat menghasilkan es batu yang berbentuk tabung atau tengahnya bolong. Jenis es yang satu ini banyak dipakai untuk sajian minuman, baik itu di hotel, restoran, ataupun cafe.

Bentuk esnya yang cukup menarik menjadi salah satu alasan mengapa jenis es ini banyak dicari. Adapun komponen mesin dari ice machine ini yaitu evaporator, cooling tower, kompresor, dan lain sebagainya. Mesin yang satu ini bisa menghasilkan es sebanyak 1 hingga 50 ton perharinya.

  1. Flake Ice Machine

Flake ice machine akan menghasilkan es yang berbentuk seperti serpihan kaca. Jenis es yang satu ini biasanya digunakan untuk mengawetkan ikan, seperti yang biasanya kita lihat di supermarket. Sebab, jenis es ini sangat efektif untuk mengawetkan ikan, karena luas permukaannya yang cenderung lebar dan tipis. Sehingga es dapat masuk ke dalam sela-sela tumpukan.

Flake ice machine yang memiliki kapasitas kecil dapat dipasang di atas kapal nelayan. Hal itu bertujuan untuk mengawetkan ikan dari hasil tangkapan. Sehingga saat sudah tiba di daratan, kualitas ikan masih tetap baik.

Demikian penjelasan mengenai tipe-tipe ice machine yang memiliki bentuk es batu yang berbeda-beda dan fungsi yang berbeda juga. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top