Apa Perbedaan Atap Zinc Aluminium Spandek Dan Bondek? Simak Disini.

Atap zinc aluminium spandek merupakan produk baja ringan yang digunakan untuk kebutuhan pembangunan atap hingga partisian. Namun ketika memasuki toko bangunan, Anda akan menemukan produk baja ringan lainnya yang serupa dengan atap aluminium zinc spandek, yaitu bondek. Lantas apa perbedaan dari kedua jenis produk baja ringan tersebut? Berikut penjelasannya. 

Apa Itu Atap Spandek Zinc Aluminium?

Atap spandek terdiri dari campuran aluminium 55%, zinc 43% dan silikon 2% dan aluminium. Dengan komposisi bahan tersebut, atap jenis ini memiliki ketahanan yang terbilang cukup tinggi. Atap spandek zinc aluminium sangat kokoh dan bisa digunakan hingga lebih dari 20 tahun. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi kebutuhan desain atap untuk bangunan rumah maupun manufaktur lainnya. 

Atap spandek zinc aluminium memiliki beberapa ukuran ketebalan yang bisa disesuaikan dengan keinginan, yaitu ukuran 0.3 mm, 0.35 mm, 0.4 mm, 0.45 mm dan 0.5 mm. Sementara untuk ukuran lebarnya sangat bervariasi, atap zinc aluminium  spandek dengan ukuran terlebar bisa memiliki ukuran hingga satu meter. 

Sedangkan untuk ukuran panjangnya mulai dari 3 meter sampai 6 meter. Beberapa toko material juga melayani permintaan ukuran atap spandek secara custom, misalnya dengan ukuran panjang 3.4 m dibutuhkan.

Apa Itu Bondek? 

Meski memiliki bentuk yang serupa dengan atap spandek zinc aluminium ternyata bondek memiliki kegunaan yang sangat berbeda. Bondek adalah plat lapisan baja dengan galvanis yang diaplikasikan untuk konstruksi lantai sebuah bangunan. Memiliki struktur yang kuat, bondek dilapisi anti karat yang membuatnya lebih awet.

Pemasangan bondek untuk lantai rumah juga menjadi solusi konstruksi yang lebih hemat pada proses pengerjaan pembesian atau bekisting lantai bertingkat. Bondek tersedia dalam beberapa ukuran ketebalan, yaitu mulai dari 0.75 mm sampai 1 mm dengan panjang maksimal 12 m. 

Demikianlah ulasan singkat mengenai perbedaan antara atap zinc aluminium spandek dan produk baja ringan bondek. Dengan mengetahui perbedaannya, Anda tentu bisa lebih mudah dalam memilih produk baja ringan yang tepat. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top